baliratih-solo

Selasa, 30 Desember 2014

Cara Mengecek Data Sejarah Kredit Kita Di Bank Indonesia

Hampir semua orang pasti pernah melakukan kredit. Baik itu kredit kendaraan bermotor, kredit barang elektronik, maupun kredit kepemilikan rumah atau yang biasa disebut KPR. Banyak yang permohonan kreditnya disetujui, namun tak sedikit yang direject alias ditolak.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi diterima atau ditolaknya permohonan kredit kita. Salah satu yang terpenting adalah IDI Historis. Apa sih IDI Historis itu? Berikut penjelasan IDI Historis seperti yang Bali Ratih Solo kutip dari situs resmi Bank Indonesia:

"IDI Historis merupakan produk/output yang dihasilkan o​leh Sistem Informasi Debitur (SID). IDI Historis mencakup informasi seluruh penyediaan dana/pembiayaan dengan kondisi lancar dan bermasalah mulai dari Rp.1 keatas, serta menampilkan informasi mengenai historis pembayaran yang dilakukan dalam kurun waktu 24 bulan terakhir. Cakupan IDI Historis meliputi antara lain identitas debitur, pemilik dan pengurus, fasilitas penyediaan dana/pembiayaan yang diterima, agunan, penjamin, dan kolektibilitas."

Bagi yang masih belum paham, saya buat gambaran sederhananya. Misal si Tono ingin membeli ponsel secara kredit. Ia pun mengajukan permohonan kredit di salah satu lembaga / perusahaan pembiayaan, sebut saja namanya perusahaan X. Maka secara otomatis, perusahaan X itu akan melakukan BI Checking. Yaitu mengecek data IDI Historis Tono ke Bank Indonesia. IDI Historis itu berisikan riwayat-riwayat kredit yang pernah dilakukan Tono. Dari IDI Historis inilah akan terlihat bagaimana kualitas kredit Tono. Jika kualitasnya buruk, misalkan sering menunggak pembayaran angsuran, bisa dipastikan perusahaan X akan menolak permohonan kredit ponsel Tono.

Nah, sekarang sudah paham kan? Makanya sebelum mengajukan permohonan kredit, pastikan terlebih dahulu bahwa kita mempunyai riwayat kredit yang baik. Kalau kita sudah terkena blacklist, tidak mungkin permohonan kredit kita disetujui. IDI Historis bisa kita cek sendiri melalui online. Langsung saja kunjungi IDI Historis Bank Indonesia.

BACA JUGA:
Cara Alami Tercepat Hilangkan Cegukan
Tips Jualan Online Agar Ramai Pembeli
Tips Perencana Keuangan Keluarga

MOST VISITED

ARTIKEL TERBARU